Cara Transfer Data Menggunakan Teknologi Wifi Direct

Semenjak kehadiran smartphone android ditengah kehidupan manusia, kehidupan kita seakan dimanjakan dengan berbagai macam teknologi yang dimilikinya. Kita akan dengan mudah melakukan kegiatan sehari-hari seperti mencari informasi, transaksi jualbeli dan lain sebaginya. Tidak berhenti disitu saja, smartphone android terus melakukan terobosan-terobosan yang semakin membuat segalanya menjadi lebih cepat dan efisien. Dan yang terbaru saat ini adalah dikenalkannya fitur yang mampu membantu dalam mentransfer data secara lebih cepat dan efisien, teknologi atau fitur ini diberi nama wifi direct.

Mungkin masih banyak diantara kita yang belum terlalu mengetahui apa itu wifi direct dan manfaatnya. Oleh sebab itu sebelum kita membahas artikel utama mengenai aplikasi android yang memanfaatkan teknologi wifi direct, jauh lebih baik jika kite mengetahui terlebih dahulu apasih wifi direct itu dan apa fungsinya.

Wifi direct tidak memiliki fungsi yang sama layaknya wifi hostpot pada smartphone yang memiliki kegunaan untuk terkoneksi ke internet. Tetapi wifi direct memiliki fungsi yang sama seperti Bluetooth namun dengan banyak kelebihan yang dimilikinya. Wifi direct digunakan untuk saling berbagi file/transfer data antar perangkat dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dari pada Bluetooth. Wifi direct juga bisa dihubungakan atau disambungkan dengan berbagai macam media elektronik pintar seperti printer, tv, dan komputer pc.

Dan untuk mempermudah transfer data dengan memanfaatkan teknologi wifi direct, mulailah bermunculan berbagai macam aplikasi android yang mensportnya. beberapa diantaranya sebagai berikut.

  1. Aplikasi Android SuperBeam

Aplikasi android pertama yang memanfaatkan teknologi wifi direct adalah superbeam. Dari beberapa aplikasi sejenis yang ada, superbeam termasuk yang cukup rumit namun rapi. Fitur atau pilihan-pilihannya pun lebih lengkap dan spesifik. Berikut beberapa fitur yang dimilikinya.

  • Pengaturan password
  • Pengaturan pengiriman
  • Informasi tanggal dan notifikasi
  • Pengaturan pemindaian
  • Pengaturan tema, dan masih banyak lagi yang lain
  1. Aplikasi Android HitcherNet

Kamu akan disuguhkan dengan tutorial penggunaannya pada saat pertama kali kamu berhasil memasang/menghinstal aplikasi hitchernet pada smartphone kamu. Tampilannya homepagenya cukup sederhana dan praktis. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk transfer file sebesar 800 MB dalam waktu kurang dari 5 menit.

Nah jika teman-teman ingin mencoba sensasi mengirim data secepat kilat, maka perlu mencoba teknologi wifi direct dengan mendownload aplikasi yang memanfaatkannya teknologi wifi direct. Mungkin cukup sekian artikel yang bisa saya bagikan kepada teman-teman, semoga bisa memberikan pengetahuan baru seputar dunia gadged.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *