Cara Mengetahui Toko Online Aman atau Tidak


Dengan semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia dan semakin meningkatnya kesibukan, maka membeli barang secara online mulai menjadi solusi yang meudahkan. Selain memudahkan penjual sehingga dapat memperluas cakupan penjualannya, keberadaan toko online juga mempermudah pembeli sehingga bisa lebih mudah mendapatkan barang yang diinginkannya. Akan tetapi, hal ini juga dimanfaatkan oleh para penipu sehingga tidak semua toko online aman dan dapat dipercaya.

Ada banyak penipuan yang dilakukan oleh toko online penipu untuk mendapatkan keuntungan. Di antaranya seperti tidak mengirimkan barang sama sekali, memeras korbannya untuk mentransfer lebih banyak uang, atau mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan gambar dan spesifikasi yang tertulis. Karena itu, sebagai konsumen cerdas, anda perlu memastikan bahwa toko tempat anda berbelanja adalah toko online aman.

Ada beberapa cara untuk memastikan anda berbelanja di toko online aman, di antaranya adalah:

  • Meminta rekomendasi teman

Pengalaman teman anda dapat menjadi salah satu cara memastikan bahwa anda berbelanja di toko online yang aman. Tanyakanlah pada teman anda yang sudah berpengalaman dalam berbelanja online tentang toko yang ia rekomendasikan untuk berbelanja secara online dan pengalaman mereka saat berbelanja online.

  • Lihat website atau testimoni pelanggan

Toko online aman  biasanya memiliki website yang enak dilihat sehingga anda mudah untuk melakukan pembelian dan mencari informasi. Selain itu, testimoni pelanggan juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui track record toko online tersebut. Akan tetapi, pastikan bahwa testimoni yang ada adalah testimoni real atau sungguhan. Karena tak jarang toko online penipu membuat testimoni palsu yang positif untuk memberikan kesan track record yang baik.

  • Minta foto asli dan resi pengiriman

Toko online penipu biasanya tidak sungguhan memiliki barang yang ia jual dan mendapatkan gambarnya dari google. Karena itu, anda sebaiknya meminta foto asli untuk membuktikan bahwa anda membeli barang yang sesuai di toko online aman dan terpercaya. Dan jangan lupa untuk meminta resi pengiriman sebagai bukti bahwa barang anda sungguhan dikirim dan akan sampai ke tangan anda. Jika penjual menolak atau mengulur-ulur bukti resi pengiriman, maka anda wajib mencurigai penjual tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *