Bagaimana Ciri Website Toko Online Aman?


Belanja online saat ini sudah menjadi sebuah tren di zaman modern ini. Selain hemat waktu, membeli barang secara online juga dapat menghemat pengeluaran anda. Dengan berbelanja secara online, anda bisa mendapatkan barang tanpa perlu keluar rumah dan dapat lebih mudah menyesuaikan dengan budget yang anda miliki. Akan tetapi, tidak semua toko online aman dan terpercaya. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh toko online dalam melakukan transaksi secara online juga kadang kala membuat seseorang kurang waspada dan lengah sehingga rawan dengan terjadinya penipuan.

Karena itu, meskipun anda memilih untuk melakukan pembelian secara online, penting bagi kita untuk menjadi seorang pembeli yang cerdas. Jangan malas untuk mencari tahu keamanan sebuah toko agar uang yang anda keluarkan tidak sia-sia bahkan menjadi rugi. Salah satu indikator untuk melihat apakah toko online aman atau tidak dapat dilakukan dengan melihat website yang dimiliki toko online tersebut.

  • Memiliki sertifikat keamanan

Salah satu ciri mengetahui apakah suatu toko online adalah toko yang aman adalah dengan melihat sertifikat keamanan di websitenya. Website yang dimiliki memiliki keamanan sertifikat SSL akan memiliki alamat dengan alamat yang diawali dengan “https”. Huruf S menjadi ciri bahwa website tersebut secure atau aman.

  • Memiliki tanpa gembok

Website yang aman dan memiliki sertifikat SSL juga dapat dilihat dengan adanya lambang atau simbol gembok pada tampilan sisi kiri alamat website. Simbol atau lambang ini lebih mudah terlihat dibandingkan dengan huruf S pada alamat website.

  • Memiliki simbol elektronik sertifikat

Ciri lain dari website jual beli atau marketplace yang aman adalah website tersebut memiliki simbol elektronik sertifikat. Simbol ini dipasang oleh perusahaan pihak ketiga yang secara khusus akan melakukan pengamanan dalam melakukan transaksi online.

Itulah beberapa ciri bahwa toko online aman dan terpercaya jika dilihat dari website yang dimilikinya. Dengan memastikan bahwa toko online yang melakukan transaksi dengan anda adalah toko online aman dan terpercaya, maka anda dapat menghindari kemungkinan tertipu. Dengan begitu, kegiatan membeli barang secara online dapat berjalan dengan lebih tenang dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *