3 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Kita semua tentu sepakat kalau buah manggis rasanya enak. Selain enak, buah tersebut juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak heran jika buah manggis banyak dijadikan sebagai salah satu bahan baku pembuatan obat herbal. Saat ini sudah sangat banyak jenis dan merek obat herbal bermunculan dengan menggunakan bahan baku buah manggis.

Perlu diketahui bahwa mengkonsusi buah manggis secara rutin akan memberikan banyak bagi kesehatan tubuh Anda. Di bawah ini saya akan sebutkan 3 manfaat utama buah manggis untuk kesehatan:  

1.Sebagai antioksidan dan penangkal kanker

Salah satu manfaat utama dan terbesar buah manggis untuk kesehatan adalah sebagai antioksidan dan penangkal penyakit kanker. Hal ini tidaklah mengherankan, karena buah manggis banyak mengandung senyawa aktif, salah satunya adalah xanthone. Senyawa aktif yang memiliki gugusan OH ini bekerja mengikat radikal bebas yang tidak stabil dalam tubuh kita dan mengaktifkan sistem pembentukan sel antibodi. Senyawa ini bekerja menghambat dan menghentikan perkembangan sel kanker secara alami. Jadi, jika Anda mengkonsumsi buah manggis secara teratur, Anda akan memiliki antioksidan dan penangkal kanker alami dalam tubuh anda.

2.Merawat dan menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat utama buah manggis untuk kesehatan adalah menjaga dan merawat kesehatan kulit. Kandungan senyawa aktif buah manggis yang bernama xanthone berfungsi memperbaiki jaringan kulit yang rusak secara cepat. Bahkan kecepatannya 66 kali lipat lebih cepat daripada wortel dan 8 kali lipat lebih cepat daripada jeruk.

Menjaga dan merawat kesehatan kulit dengan memanfaatkan buah manggis dapat dilakukan dari dalam tubuh dan dari luar tubuh. Perawatan dari dalam tubuh dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah manggis secara langsung atau membuatnya menjadi jus terlebih dahulu kemudian diminum. Adapun perawatan dari luar adalah dengan memanfaatkan kulit manggis. Caranya, dengan memblender 2-3 lembar kulit manggis yang sudah dicampur dengan ½ gelas air sampai halus, lalu hasil blender tersebut disaring dan dibiarkan selama 3 jam sampai endapan ekstrak buah manggis muncul dipermukaan. Nah, hasil endapan ekstrak kulit manggis tadi digunakan sebagai masker wajah dan kulit. Lakukan hal ini di malam hari dan biarkan masker tersebut sampai besok baru dibersihkan.

3.Mencegah penyakit jantung dan stroke

Manfaat utama lainnya dari buah manggis untuk kesehatan adalah mencegah terjadinya penyakit stroke dan jantung. Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam buah manggis berfungsi menjaga kestabilan metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh manusia mulai terganggu akan menyebabkan terjadinya penurunan yang cukup significan dari kemampuan kinerja sel dan jaringan penyusun organ tubuh. Kondisi ini dalam jangka panjang bisa memicu munculnya beragam jenis penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan stroke.

Inilah 3 manfaat utama buah manggis untuk kesehatan yang bisa saya sampaikan pada aritkel kesehatan kali ini Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *