Cara Mengecek Tiket Pesawat Murah


Seperti yang sudah diketahui bahwa tiket pesawat itu relatif mahal dibandingkan dengan tiket transportasi lainnya. Namun, kadang-kadang pihak maskapai selalu melakukan promo tiket harga murah untuk menarik para pelanggannya. Lalu bagaimana cara cek tiket pesawat murah itu? Berikut cara mengecek tiket pesawat murah :

1. Manfaatkan Kalender Liburan

Salah satu cara yang sangat mudah untuk mempersiapkan liburan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu tanggal berapa saja ada hari libur nasional atau cuti bersama. Karena pada hari libur nasional maupun cuti bersama, biasanya pihak maskapai selalu mengadakan promo tiket murah.

2. Ketahui Harga Rata-Rata dan Benhmark Harga Terendah Yang Ditawarkan Maskapai

Hasil observasi serta pembelajaran yang anda lakukan, anda akan mengetahui batas terendah dari harga yang ditawarkan pihak maskapai. Sehingga, ketika anda menemukan harga murah, anda bisa langsung mengetahui, apakah itu memang harga yang paling murah, atau ada harga lainnya yang lebih murah lagi. Adapun caranya adalah dengan selalu rajin-rajin melihat harga, baik itu dalan periode promo maupun tidak.

3. Pelajari Tren Promo Maskapai

Dalam hal ini, anda bisa mengikuti newsletter maskapai, like dan follow akun media sosial maskapai, dan pelajari trennya. Anda bisa mempelajari waktu maskapai-maskapai itu mengeluarkan promo sertas jenis promonya. Dengan mempelajarinya, anda akan mengetahui, ketika menemukan tiket yang murah, anda bisa menimbang-nimbang apakah ini waktu yang tepat untuk membeli tiket, atau justru periode promo akan segera tiba. Atau anda juga bisa melihat penawaran dari Indonesia dengan tujuan ke berbagai destinasi di seluruh dunia.

4. Perhatikan Tanggal Keberangkatan Anda

Setelah anda memilih hari, anda juga harus perhatikan juga tanggal keberangkatan anda. Karena biasanya harga tiket pesawat di tanggal 20-an relatif lebih murah dibandingkan awal atau pertengahan bulan. Hal ini dikarenakan pihak maskapai menganggap bahwa tanggal 20-an itu adalah tanggal tua serta kondisi keuangan semakin menipis, sehingga kemungkinan orang untuk bepergian semakin sedikit. Sehingga, pihak maskapai pun sering melakukan harga murah di periode tersebut supaya banyak yang mengisi kursi-kursi pesawat.

5. Perhatikan Periode Perjalanan, dan Hari Pergi serta Pulang Anda

Biasanya akhir pekan , atau long weekend, dan musim liburan harga tiket selalu mahal. Untuk iu, coba liburan di periode low-season, seperti bulan September-November dan Februari-April. Selain priode liburan, hari keberangkatan dan kepulangan bisa menentukan harga tiket anda. Dalam hal ini, kombinasi Jumat-Minggu, Jumat-Senin, Sabtu-Minggu, atau Sabtu-Senin merupakan kombinasi termahal. Oleh karena itu, jika anda ingin mencari harga tiket yang murah anda bisa menyiasatinya dari cuti kantor anda.

6. Perhatikan Maskapai Yang Anda Pilih

Setelah memilih rute, sebaiknya perhatikan juga maskapai yang melayani rute tersebut. Karena kecenderungannya, harga low Cost Carrier (LCC) bisa lebih murah jika dipesan sejak jauh-jauh hari serta meningkat drastis kalau dipesan hanya beberapa minggu atau beberapa hari sebelum keberangkatan. Sedangkan maskapai full-service cenderung menerapkan year-round fare pada harga tiket pesawatnya sehingga kurang lebih sama sepanjang tahunnya. Bahkan terkadang, harga tiket pesawat full-service bisa lebih murah dibandingkan LCC jika membelinya lebih dekat dengan hari keberangkatan.

7. Perhatikan Kemana Tujuan Anda

Jika rute tujuan anda ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi, seperti Bali, Lombok, dan lain sebagainya. Biasanya di hari-hari tertentu selalu ada harga promo tiket. Untuk itu anda harus selalu up-to-date untuk memantau harga tiket tersebut, karena sifatnya yang fluktuatif alias bisa berubah sewaktu-waktu.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan kali ini semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *